Senin, 04 Januari 2016

Tips Merawat Sepatu Kulit Pantofel


Bagi pria, sepatu pantofel akan memberikan kesan gagah, rapi, dan formal. Sedangkan bagi wanita, sepatu pantofel memberikan kesan rapi, formal, dan nampak elegan.
Saat kita akan membeli sepatu kulit pantofel, tentu saja kita telah melakukan berbagai uaya untuk mendapatkan kualitas terbaik. Namun, tanpa perawatan setinggi apapun kualitas sepatu tetap saja akan cepat rusak, walau tidak secepat sepatu dengan kualitas rendah.


Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips merawat sepatu pantofel berbahan kulit dan sintetis agar senantiasa awet, diantarranya adalah sbb :

A. Berbahan Kulit

1. Bersihkan sepatu sebelum disimpan
Setidaknya Anda harus mengelap debu yang menempel pada sepatu dengan kain halus atau membersihkan bagian yang tidak terjangkau dengan sikat berbulu halus sebelum menyimpannya.

2. Hindari tempat penyimpanan yang lembab
Sepatu kulit sangat rentan ditumbuhi jamur jika disimpan di tempat yang lembab

3. Sesekali angin-anginkan sepatu
Walau sepatu Anda lama tidak gunakan, Anda harus tetap merawatnya dengan cara mengangin-anginkannya sesekali minimal dua minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk mengatur kondisi sepatu agar tidak lembab.

4. Jangan biarkan sepatu dalam keadaan basah yang lama
Jika seatu kulit Anda terkena air atau zat cair lainnya, usahakan untuk segera mengeringkannya dengan kain halus kering, tissue atau bahan lain yang memiliki tekstur halus.

5. Pastikan kaki benar-benar dalam kondisi kering saat menggunakan sepatu
Keringkan kaki dari air atau keringkan sebelum menggunakan sepatu. Jika kaki Anda mudah berkeringat, gunakan sabun antiseptik dan berik bedak antiseptik sebelum menggunakan sepatu. Kondisi basah dapat menyebabkan sepatu mengeluarkan bau tidak sedap.

6. Jangan gunakan sepatu saat cuaca hujan
Jika cuaca diluar sedang hujan, sebaiknya jangan nekat untuk menggunakan sepatu kulit. Air hujan terutama di daerah perkotaan yang telah dicemari oleh polusi dapat dengan mudah merusak sepatu kesayangan Anda.

7. Bawa sepatu cadangan ketika musim hujan
Bawalah sepatu ainti air saat musim penghujan. Jika tiba-tiba turun hujan, maka alngkah baiknya jika Anda mengganti sepatu kulit Anda dengan sepatu tahan air dan menyimpan sepatu kulit di dalam tas anti air.

8. Jangan jemur sepatu di bawah sinar matahari langsung
Jika suatu saa sepatu Anda benar-benar basah bahkan hingga bagian dalam, jangan sejali-kali menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat merusak sepatu kulit menjadi retak atau pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda dapat memasukkan kain yang mudah menyerap air ke dalam sepatu Anda, setelah terserap, ambil kain dan kemudian angin-anginkan sepatu.

B. Berbahan Sintetis
Perawatan sepatu berbahan kulit dan sintetis pada dasarnya sama, tetapi Anda harus lebih berhati-hati dengan perawatan sepatu kulit. Namun, bukan berarti Anda bisa sesuka hati Anda sendiri merawat sepatu berbahan sintetis. Lakukan perawatan yang sama dengan sepatu berbahan kulit agar sepatu sintetis Anda senantiasa awet.

Semoga sepatu kulit kita terus gagah dan bersih, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar